Jumat, 04 Juli 2008

KASAL INSPEKSI 14 KAPAL PERANG SEBELUM SERTIJAB

Surabaya, 3/7 (ANTARA) - Sehari sebelum serah terima jabatan (Sertijab), Kasal Laksamana TNI Sumardjono dan calon penggantinya mengadakan inspeksi ("admiral inspection") pada 14 kapal perang dengan 4.530 prajurit di Selat Madura, Kamis.
Sumardjono didampingi calon penggantinya, Laksamana Madya TNI Tedjo Edhy Purdijatno untuk yang terakhir kalinya memeriksa kesiapan seluruh kapal perang sebelum menyerahkan jabatannya.
Inspeksi itu merupakan tradisi di lingkungan TNI AL yang biasa dilakukan menjelang pergantian jabatan Kasal maupun pada saat pergantian Panglima Armada.
Selain sebagai bentuk salam perpisahan kepada para prajuritnya, kegiatan tersebut juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan perwira tinggi (pati) baru yang akan memimpin TNI AL.
Pada inspeksi yang menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Yudistira itu Kasal juga didampingi antara lain, Pangarmatim Laksda TNI Lili Supramono, Pangarmabar Laksda TNI Agus Suhartono dan Pangkolinlamil Laksda TNI Bambang Supeno.
Inspeksi itu diawali dari Dermaga A Koarmatim, bergerak ke arah selatan untuk menginspeksi KRI yang bersandar di dermaga kemudian berputar menuju KRI jenis penjelajah serta kapal-kapal perang yang tengah lego jangkar dengan formasi berbanjar tiga di Alur Perairan Barat Surabaya (APBS).
Kapal-kapal perang yang diinspeksi itu adalah, di urutan pertama, KRI Fatahillah-361, KRI Malahayati-362, KRI Nala-363, KRI Pulau Rupat, dan KRI Diponegoro-365.
Pada banjar kedua terdiri dari KRI Oswaald Siahaan-354, KRI Yos Sudarso-353, Slamet Riyadi-352, KRI Teluk Lampung, dan KRI Teluk Jakarta.
Pada banjar ketiga terdiri dari KRI Teluk Mandar, KRI Arun-903, KRI Surabaya-591 dan KRI Teluk Banten-516.
Saat KAL Yudistira yang dinaiki para pati melewati kapal perang, terdengar bunyi peluit diiringi dengan penghormatan para ABK yang berbaris di lambung kapal sambil meneriakkan "Jalesveva Jayamahe" secara berulang-ulang.
Dengan sikap sempurna Kasal dan calon penggantinya segera membalas penghormatan tersebut. Setelah melaksanakan inspeksi laut, Kasal yang masih berada di atas KAL Yudistira dan merapat di Dermaga Madura, Koarmatim, menyampaikan pesan-pesan terakhirnya.
Pesan yang memberikan semangat kepada para prajurit itu disiarkan secara langsung melalui frekuensi radio yang bisa didengar di masing-masing kapal perang.

Tidak ada komentar: