Jumat, 04 Juli 2008

PANGARMATIM LEPAS PELAYARAN KELILING NUSANTARA KRI DEWARUCI

Surabaya, 1/7 (ANTARA) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmati), Laksda TNI Lili Supramono di Surabaya, Selasa melepas KRI Dewaruci dan KRI Ki Hajar Dewantara-364 untuk melakukan pelayaran keliling nusantara.
Kedua kapal itu membawa 157 Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk melaksanakan latihan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) dalam negeri sebagai praktek dari ilmu yang telah diperoleh di kampusnya.
"Latihan pelayaran KJK dalam negeri ini dimaksudkan untuk memberikan bekal dan pengetahuan kepada para Kadet AAL tingkat II sesuai pelajaran teori yang diterima selama di bangku kuliah," kata Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Toni Syaiful.
Selama pelayaran, para kadet dapat mengimplementasikan seluruh pelajaran teori dengan menggunakan kapal latih tiang tinggi itu sehingga diharapkan menjadi prajurit matra laut yang profesional dan handal.
Sementara, ke-157 kadet yang mengkuti latihan pelayaran KJK dalam negeri berasal dari Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, Suplai, dan Marinir.
"Latihan pelayaran yang berlangsung selama dua bulan itu melewati rute, Surabaya - Kupang - Tual - Jayapura - Manukwari - Bitung - Balikpapan - Tanjung Pinang ? Belawan - Padang dan kembali lagi Surabaya," katanya.

Tidak ada komentar: