Jumat, 04 Juli 2008

PENDIDIKAN INTEGRASI TARUNA TIGA ANGKATAN TNI JADI SATU TAHUN

Surabaya, 23/6 (ANTARA) - Pola pendidikan integrasi taruna tiga angkatan TNI yang selama ini hanya lima bulan dan dipusatkan Akademi Militer (Akmil) Magelang, kini ditambah menjadi satu tahun.
Untuk penyesuaian dengan pola itu, Akademi TNI AL (AAL) memberlakukan kepangkatan baru bagi para bagi para kadet (sebutan khusus untuk taruna AAL) dalam upacara kenaikan pangkat di Surabaya, Senin.
Gubernur AAL, Laksda TNI Sudjatmiko dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wagub AAL, Brigjen TNI (Mar) Sumantri Dipradja mengatakan bahwa penyesuaian pangkat ini merupakan bukti lembaganya selalu adaptif dan responsif terhadap perubahan.
"Penyesuaian ini juga merupakan optimalisasi pencapaian tujuan dan sasaran pelaksanaan pendidikan di Akademi TNI Angkatan Laut," kata laksamana berbintang dua itu.
Kabagpen AAL, Mayor Laut (KH) Drs Yayan Sugiana menjelaskan, dengan adanya pola pendidikan integrasi yang baru, maka AAL memberlakukan pangkat pangkat sersan mayor dua kadet (sermadakad) dan sersan mayor satu kadet (sermatukad) yang pernah digunakan 20 tahun lalu.
"Keputusan itu mengacu pada kurikulum baru pola satu + tiga tahun, yaitu, program pendidikan satu tahun integrasi Akademi TNI yang berlangsung di Akmil dan Program tiga tahun sebagai lanjutan pendidikan profesi di masing-masing akademi angkatan," katanya.
Sebelumnya di pendidikan pencetak perwira itu berlaku pola lima bulan + tiga tahun + tujuh bulan, yaitu, program pendidikan lima bulan integrasi Akmil, tiga tahun pendidikan di masing-masing akademi angkatan dan tujuh bulan pendidikan perwira siswa sesuai korps.
"Kalau sebelumnya tingkatan pangkat kadet AAL adalah prajurit kadet (prakad), kopral kadet (kopkad), sersan kadet (serkad), dan sersan mayor kadet (sermakad), maka sekarang menjadi prakad, kopkad, serkad, sermadakad dan sermatukad," katanya.
Ia menjelaskan, saat ini yang menyandang pangkat sermadakad adalah para kadet tingkat dua atau angkatan 55, sedangkan yang menyandang pangkat sermatukad kadet tingkat tiga atau angkatan 54.

Tidak ada komentar: