Jumat, 04 Juli 2008

PRAJURIT KOBANGDIKAL DI JATIM DIMINTA NETRAL DI PILKADA

Surabaya, 17/6 (ANTARA) - Komandan Komando Pemgembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal), Laksda TNI Edhi Nuswantoro meminta prajuritnya tetap bersikap netral dalam pemilihan gubernur Jatim yang digelar 23 Juli 2008.
"Selain Pilgub, di berbagai daerah di Jatim nanti juga ada pemilihan bupati. Saya minta prajurit tidak melibatkan diri, baik secara langsung maupun tidak langsung atau membantu salah satu bakal calon dalam bentuk apapun," katanya dalam upacara 17-an di Surabaya, Selasa.
Pada sambutan tertulis yang dibacakan Wadan Kobangdikal, Brigjen TNI (Mar) Halim A Hermanto itu, ia mengemukakan bahwa sebagai prajurit, anggota Kobangdikal harus tunduk dan patuh terhadap keputusan dan kebijakan pemimpin TNI.
"Salah satu keputusan pimpinan TNI itu adalah, kita harus konsisten untuk bersikap netral dalam Pemilu maupun Pilkada," kata perwira tinggi kelahiran Yogyakarta itu.
Ia mengemukakan, pihaknya perlu mengingatkan hal tersebut, untuk menjaga integritas bangsa serta suksesnya Pilkada tanpa adanya kerusuhan di tengah-tengah masyarakat yang sedang menggelar pesta demokrasi.
Selain menyoroti situasi politik yang kian menghangat menjelang Pilkada, orang nomor satu Kobangdikal ini juga menggugah semangat anak buahnya untuk terus belajar dan berlatih sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.
Berkenaan dengan latihan gabungan (Latgab) TNI 2008 yang kini sudah memasuki tahap kedua dan berakhir 20 Juni mendatang, ia mengemukakan bahwa hal itu bertujuan untuk melatih kesiapsiagaan unsur TNI menghadapi gangguan yang diperkirakan akan terjadi di wilayah kedaulatan NKRI.
"Latihan tersebut, sekaligus sebagai pertanggungjawaban TNI kepada bangsa Indonesia atas hasil-hasil program pembangunan dan pengembangan postur TNI selama ini," katanya.

Tidak ada komentar: