Jumat, 04 Juli 2008

SERTIJAB KASAL DIGELAR 4 JULI DI SURABAYA

Surabaya, 1/7 (ANTARA) - Serah terima jabatan (Sertijab) Kasal dari Laksamana TNI Sumardjono kepada Laksamana Madya TNI Tedjo Edhy Purdijatno, dijadualkan digelar di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya, Jumat, 4 Juli 2008.
"Jadual Sertijab yang akan dipimpin Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso ini sudah diatur oleh Jakarta, dan Koarmatim tinggal melaksanakan saja", kata Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful kepada ANTARA di Surabaya, Selasa.
Tedjo Edhy Purdijatno yang jabatan terakhirnya sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, dilantik sebagai Kasal oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Selasa (1/7) menggantikan Sumardjono yang memasuki masa pensiun.
Menurut Kadispen Koarmatim, Sertijab akan digelar secara sederhana dengan hanya menampilkan drum band kadet Akademi TNI AL (AAL) dan beladiri dari pasukan Marinir.
Sehari sebelum Sertijab, Sumardjono dengan Tedjo Edhy akan mengadakan inspeksi kapal atau yang dikenal dengan "Admiral Inspekction" di selat Selat Madura dengan menggunakan Kapal TNI AL (KAL) Yudistira.
"Kasal dan penggantinya akan memeriksa 14 kapal yang sedang lego jangkar di Selat Madura. Laksamana Sumardjono sebelumnya juga akan memberikan 'exit brifing' atau pesan-pesan kepada perwira TNI AL di wilayah Timur", katanya menjelaskan.
Karena jadual Sertijab itu, maka upacara peringatan HUT Penerbangan TNI AL yang jatuh pada 4 Juli dimajukan menjadi 3 Juli di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda, Surabaya. Sumardjono masih akan memimpin upacara Hari Penerbangan TNI AL itu.
Laksdya TNI Tedjo Edhy adalah lulusan AAL 1975 yang mengawali karir sebagai calon penerbang di Satuan Udara Armada (Satudarma) tahun 1976 dan menjadi co-pilot tahun 1979 Skadron-800.
Pria kelahiran Magelang, 20 September 1952 itu, menjadi Wakil Komandan Skadron-600 Satuan Udara Armatim pada 1990. Setelah 14 tahun mengabdi sebagai penerbang, ia kemudian ditugaskan di kapal perang dengan menjadi Palaksa KRI Teluk Penyu-513.
Saat pangkatnya naik menjadi satu bintang (Laksamana pertama), ia ditugaskan menjadi Komandan Guskamla Armabar (2002), Kepala Staf Koarmatim (2003), Wakil Komandan Seskoal (2003) dan terakhir sebagai Kepala Staf Umum TNI pada 2007 dengan pangkat bintang tiga.

Tidak ada komentar: