Senin, 09 Juni 2008

Markas TNI AL "diserang" Dua Pesawat Hawk Musuh

Surabaya, 9/6 (ANTARA) - Menjelang keberangkatan kapal perangnya yang terlibat dalam gugus tugas latihan gabungan TNI 2008, markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) di Surabaya, Senin disimulasikan diserang dua pesawat Hawk musuh.
Kadispen Koarmatim, Letkol Laut (KH) Drs Toni Syaiful dalam siaran persnya yang diterima ANTARA menyebutkan bahwa "serangan" tersebut merupakan serial skenario Latgab TNI 2008 dan prajurit TNI itu sebelumnya tidak diberitahu.
"Rahasia serangan ini dilakukan guna melihat sejauh mana para prajurit TNI dapat mengatasi serangan kilat seperti itu dan semua itu adalah bagian dari Skenario Latgab TNI," katanya.
Ia menjelaskan, saat kesibukan embarkasi pasukan dan material tempur TNI sedang berjalan dibeberapa kapal perang yang sedang berada di pangkalan Koarmatim, tiba-tibadua pesawat musuh jenis Hawk melakukan penyerangan.
Penyerangan kedua pesawat tempur itu sempat merepotkan prajurit TNI AL, namun dengan kesigapan yang ada para prajurit tersebut melakukan serangan balasan melalui artileri pertahanan pangkalan, baik yang ada di darat maupun yang ada dikapal perang yang sedang sandar.
Dalam serangan itu disimulasikan, beberapa fasilitas pangkalan di Koarmatim rusak dan menimbulkan kebakaran hebat, namun hal itu dapat diatasi oleh dua unit mobil pemadam kebakaran yang bekerja dengan sigap memadamkan api kebakaran akibat serangan.***2***

Tidak ada komentar: