Jumat, 04 Juli 2008

157 KADET AAL KELILING INDONESIA DENGAN KAPAL PERANG

Surabaya, 30/6 (ANTARA) - Sebanyak 157 kadet (taruna) Akademi TNI AL (AAL) tingkat II, menjalankan tugas pelayaran keliling Indonesia menggunakan KRI Ki Hajar Dewantara dan KRI Dewaruci mulai awal Juli hingga September 2008.
Kabagpen AAL, Mayor Laut (KH) Drs Yayan Sugiana di Surabaya, Senin, mengemukakan bahwa kadet angkatan ke-55 itu untuk menjalankan praktek pelayaran denganh sandi Kartika Jala Krida (KJK).
"Mereka akan berlayar menghadapi ganasnya gelombang dan mungkin badai selama 66 hari dengan rute, Surabaya-Kupang-Tual-Manokwari- Jayapura-Bitung-Balikpapan-Batam-Belawan-Padang-Surabaya", katanya.
Praktek pelayaran ini merupakan materi profesi dasar untuk korps Pelaut, Teknik, Elektronika Suplai dan Marinir. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sebagai bekal pada penugasan awal menjadi perwira.
"Ini juga sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan kepada kadet tentang NKRI yang wilayahnya dari Sabang sampai Merauke yang mempunyai berbagai budaya dan adat istiadat masing-masing", katanya.
Khusus untuk kadet Korps Marinir yang lebih identik dengan pasukan pendarat, mengadakan pelayaran dengan rute Surabaya-Padang- Surabaya, karena latihan pendaratan akhir dilaksanaan di Padang sebagai salah satu pratek operasi amfibi.
"Pelayaran KJK ini juga merupakan pelayaran muhibah negeri dengan melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain, kunjungan kehormatan kepada para pejabat setempat, menerima kunjungan berbagai lapisan masyarakat yang bertandang ke KRI Dewaruci, maupun KRI Ki Hajar Dewantara", katanya menjelaskan.
Mereka juga menggelar drumband Genderang Suling Gita Jala Taruna, pertunjukan kesenian daerah dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Tidak ada komentar: